Apakah digital marketing itu, dan apa saja di dalamnya – terutama selama pandemic
  1. Siapakah target audience anda selama Covid-19?
  2. Seberapa besar pangsa tersebut?
  3. Apakah anda mempunyai produk/layanan serta property yang tepat untuk pangsa tersebut?
  4. Apakah website anda siap untuk  digital marketing?
    • Konten serta promo yang tepat?
    • Kecepatan website, performa dan tidak ada error
  5. Bagaimanakah model bisnis anda dan bujet untuk digital marketing?
    Budgeting:
    • Professional Digital Marketing mulai dari USD 1.000 per bulan
    • Jika tidak ada buget tersebut? Pakailah posting umum di Instagram, Facebook grup or dll yang sesuai dengan bisnis anda
  6. Jalankan digital marketing walaupun dengan bujet pas pasan untuk branding yang berguna setelah pandemic berakhir
  7. Karena kita tidak  mengetahui kapan pandemic akan berakhir, selalu monitor siapa pangsa anda melalui website analysis anda
  8. Sekali lagi, jalankan digital marketing walaupun sedikit saja untuk tujuan branding; biarkan customer anda memimpikan tentang Bali, property anda, paket dan promo anda

 

Beberapa info lain mengenai SEO, analisa website dll
  1. Bagaimana meningkatkan visibilitas organic di Google:
    • Tidak ada solusi mudah dan cepat, tapi Google akan menghargai hal berikut ini:
      • Tulis secara rutin konten tentang property, produk maupun promo anda
      • Tulis untuk pembaca (manusia) bukan untuk robot
      • Tulis untuk web anda dan hubungkan dengan channel2 lain seperti IG, FB dll
    • Jika ada bujet, pakailah jasa penulis SEO
  2. SERP optimizations: Search Engine Rangking Page – Rangking halaman web anda di website, ini memerlukan bujet

 

Selalu cek data analisa web anda untuk melihat pangsa pasar dan melihat perilaku dan pola pengunjung
  1. Secara umum jangan terlalu menitikberatkan pada pelacakan “konfersi” – hal ini sulit terjadi selama masa pandemic karena pelacakan konfersi memerlukan data serta jumlah reservasi yang banyak.
  2. Selalu monitor kampanye / iklan serta posting anda untuk mengetahui mana yang jalan dan mana yang tidak
  3. Pakailah informasi pelacakan di setiap link2 anda

 

Apakah promosi selama pandemic akan berhasil?
Rata2 tingkat hunian hotel saat ini antara 5 – 10%, ini akan membantu arus kas ini membantu menjaga operasi properti dan menjaganya dalam kondisi yang baik untuk waktu pasca-Covid-19
  • Kondisi saat ini – ada property yang tetap buka ada yang tutup
  • Sesuaikan ekspektasi anda – kita tidak akan melihat pola wisata yang sama untuk tahun 2020 – 2021 dibandingkan dengan 2019
    • Siapkan untuk tamu FITs
    • Siapkan untuk pasar spesifik
    • Selalu sehat dan bahagia

 

Terakhir:
Sesuaikan situs web Anda untuk memenuhi harapan pelanggan dengan dan setelah Covid-19: tambahkan informasi Covid-19, semua file pdf untuk menu, persyaratan, tv, dll di situs (orang / tamu tidak perlu menyentuh apa pun)

 

Terima kasih kepada Komite L.E.S:
  • WB. Prayoga, Seminyak Paradiso
  • Gede Suwardana, MAJA Experience
  • Gede Pastiama, Adi Dharma Group
  • Yoga Wibawa, Bali Mandira
  • Jo Hendro, Sun Island Bali Group (SIS & SIGG)
  • Wisnu, Zin Canggu Management
  • Ganggang Yudy Istirawan, Fontana Hotel Bali
  • Putu Maheswara, J4 Hotel Legian
  • Octo Refa, The ONE Legian & Hotel Villa Lumbung
  • Sri Kesuma, Fashion Hotel
  • Yuli, Bliss Surfer Hotel
  • I Gusti Agung Istriyanti, Legian Paradiso Hotel